Program SP3 Kabupaten Balangan

Logo SP3 Balangan
Program Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (SP3) merupakan program daerah yang menjadi salah satu visi dan misi pemerintah Kabupaten Balangan dan dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), yang dalam pelaksanaannya berintegrasi dan bersinergi dengan SKPD lainnya dan pemerintah kecamatan.

Program dan kegiatan SP3 dikelola oleh tim koordinasi yang diketuai Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMD Balangan, bertugas merancang dan mengkoordinasikan pelaksanaan program dibawah pengawasan dan pengarahan dari pembina, pengarah dan penanggungjawab program. Dalam melaksanakan tugasnya, tim koordinasi dibantu oleh Tim Asistensi untuk menjalankan kegiatan teknis program. Tim Asistensi juga membantu perancangan konsep dan pengembangan kegiatan secara keseluruhan, termasuk membantu dalam merumuskan strategi pelaksanaan kegiatan program seperti: rekrutmen, seleksi, pelatihan pratugas serta monitoring dan evaluasi. Tim asistensi membantu memastikan kegiatan program berjalan sesuai dengan ketentuan dan sekaligus mengikuti perkembangan pekerja SP3 di masing-masing lokasi penempatan.

A.  Visi Program SP3 Kab. Balangan

Visi dari program SP3 adalah : MENJADI PROGRAM UNGGULAN PEMBERDAYAAN SUMBERDAYA MANUSIA SARJANA KABUPATEN BALANGAN YANG CERDAS, MANDIRI, KREATIF, INOVATIF DAN PRODUKTIF DALAM MENGAKSELERASI PEMBANGUNAN PERDESAAN.

B.  Misi Program SP3 Kab. Balangan

  1. Mengembangkan potensi dan sikap, serta perilaku sarjana untuk mendampingi pembangunan perdesaan.
  2. Mengembangkan potensi sarjana yang memilki karakter kepemimpinan, kepeloporan dan kesukarelawanan untuk mendampingi penggerakkan berbagai potensi di perdesaan untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan partisipasi sarjana dalam bidang layanan sosial, ekonomi dan informasi melalui peran inisiasi, fasilitasi, dan pendampingan program-program pembangunan di perdesaan.
  4. Mengembangkan kemandirian sarjana melalui rintisan lembaga sosial dan ekonomi dalam merespon tantangan pembangunan di perdesaan.

  5. Mengenalkan dan mengembangkan masyarakat desa dalam pemanfaatan dan pengelolaan teknologi informasi.

(TSP / Pedum SP3)









Program SP3 Kabupaten Balangan Program SP3 Kabupaten Balangan Reviewed by Unknown on 20.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.